Pengertian ADM Menurut Para Ahli

Pendahuluan

Sobat, dalam dunia bisnis dan manajemen, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Administrasi. Namun, tahukah Sobat bahwa ada pendekatan lain dalam melihat administrasi yang lebih mendalam? Nah, dalam artikel ini kita akan membahas pengertian Administrasi Manajemen (ADM) menurut para ahli. ADM merupakan suatu disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengatur dan menyelaraskan semua aspek yang terkait dengan pengelolaan suatu organisasi.

Seiring dengan perkembangan zaman, para ahli di bidang ADM terus mencari tahu dan mempelajari pengertian ADM dari berbagai sudut pandang. Melalui penelitian dan pengalaman, mereka berhasil merumuskan pendekatan dan konsep-konsep yang sangat berguna dalam praktek manajemen organisasi. Dalam artikel ini, kita akan melihat definisi ADM menurut para ahli serta beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Definisi ADM Menurut Para Ahli

Sebelum masuk ke penjelasan lebih lanjut, berikut adalah beberapa definisi ADM menurut para ahli:

No Ahli Pengertian ADM
1 Drucker (1954)

ADM adalah proses mencapai sasaran organisasi dengan efisiensi dan efektivitas melalui pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.

2 Robbins dan Coulter (2006)

ADM adalah penerapan prinsip-prinsip manajemen pada perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari aktivitas-aktivitas kerja yang terkait dengan operasi organisasi.

3 Stoner, Freeman, dan Gilbert (1995)

ADM melibatkan penggunaan semua unsur-unsur organisasi, termasuk manusia, materi, dan uang, untuk mencapai tujuan organisasi.

Itulah beberapa definisi ADM menurut para ahli yang telah diuraikan. Dari definisi-definisi tersebut, kita dapat mengambil inti bahwa ADM merupakan proses pengelolaan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan organisasi dengan efisiensi dan efektivitas.

Kelebihan ADM Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa kelebihan pengertian ADM menurut para ahli:

Peningkatan Efisiensi

ADM membantu organisasi dalam mengatur sumber daya secara efisien, sehingga dapat menghasilkan output yang optimal dengan biaya yang minimal.

Ok